Selamat datang di website resmi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil

Thursday, April 20, 2017

Bupati Irsyad Kagum Warga Binaan Rutan Bangil Fasih Baca Al-Quran

Pasuruan - Sebanyak 429 warga binaan Rutan Bangil, Kabupaten Pasuruan mengikuti Khotmil Quran, yang digelar di aula rutan dengan khusyu dan syahdu.

Khotmil Quran yang dipimpin Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf dan Kepala Rutan Bangil, Wahyu Indarto, rencananya akan mengkhatamkan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Pantauan detikcom, pelaksanaan khotmil Quran berlangsung khusyu. Lantunan ayat suci dari para warga binaan membuat suasana menjadi syahdu. Bacaan dari para warga binaan yang merdu membuat haru.

Bupati Irsyad, menyampaikan rasa kagum pada warga binaan yang fasih membawa ayat-ayat suci Al-Quran. Ia juga mengapresiasi pihak rutan yang menfasilitasi warga binaan melaksanakan khotmil Quran, serta upayanya mengajak warga binaan untuk terus memperbaiki diri.

"Para warga binaan ini sebenarnya orang baik. Mereka hanya salah jalan saja. Untuk itu, saya berterima kasih untuk Rutan Bangil yang tak hanya menampung warga binaan saja, melainkan juga ikut memberdayakan serta memperbaiki kesalahan yang mereka lakukan dengan kegiatan positif. Seperti olahraga, keterampilan sampai dengan kegiatan religi. Itu bagus sekali," kata Bupati Irsyad, Kamis (20/4/2017).

Ia berpesan pada semua warga binaan agar berkomitmen tinggi untuk tak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan sebelum akhirnya masuk ke sel tahanan.

"Untuk semua warga binaan, saya harapkan untuk tidak hanya menyesali perbuatan yang pernah dilakukan, tapi ke depannya adalah menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Kembalilah kepada keluarga dengan menjadi orang baik, buat mereka bangga," kata bupati yang akrab disapa Gus Irsyad ini.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Bangil, Wahyu Indarto, mengatakan dari 429 warga binaan, sebanyak 90 orang yang akan mengkhatamkan Al Quran hingga tiga kali dalam sehari, sedangkan sisanya membaca semampunya.

"Kita pilih warga binaan yang sudah fasih membaca Al Quran 30 Juz. Kita bagi 90 warga binaan supaya bisa khatam Al Quran sampai tiga kali dalam satu hari ini," kata Wahyu.

Dia menjelaskan selama Khotmil Quran, pihaknya menyediakan proyektor dan layar yang langsung terkoneksi dengan seluruh lapas maupun rutan se-Indonesia. Tujuannya untuk membuktikan kegiatan Khotmil Quran yang secara serentak dilakukan oleh semua rutan dan lapas se-Indonesia.

"Selain untuk pembinaan, memang ada memecahkan Rekor MURI Khotmil Quran serentak di semua rutan dan lapas se-Indonesia," pungkas Wahyu. (https://news.detik.com/)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil | Powered by Namecheap Design by Aditya Pradana | Website Theme by Blogger