Selamat datang di website resmi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil

Saturday, June 10, 2017

Ratusan Warga Binaan Rutan Bangil Ikuti Pelatihan ESQ

 
Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Bangil Ikuti Pelatihan ESQ dengan antusias.(Foto: Robert/ TIMES Indonesia)
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Guna memberikan pencerahan dan peningkatan kualitas hidup ke arah yang lebih baik lagi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B, Bangil-Pasuruan mengadakan Pelatihan Emotional Spritual Quantient (ESQ).
Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pesantren Kilat yang diadakan di Bulan Ramadhan ini.
Program pelatihan ESQ yang terselenggara atas kerjasama antara Rutan Bangil dengan Harris Muchtar, selaku Trainner ESQ Lisenzy Ary Ginanjar wilayah Jawa Timur tersebut, dihadiri oleh ratusan WBP dan seluruh petugas Rutan Kelas II B Bangil tanpa terkecuali, serta Koordinator ESQ wilayah Jatim dan Pasuruan.


Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai Kamis (8/6/2017) hingga Jum'at (9/6/2017) hari ini.
Dalam sambutannya, Karutan Bangil, Wahyu Indarto, mendukung sekali dengan adanya kegiatan ini.
"Karena kegiatan ini besar sekali manfaatnya untuk pembentukan diri kita menjadi yang lebih baik. Untuk itu gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya dan ambillah manfaat yang sebesar besarnya, serta bisa menerapkan apa yang sudah didapat didalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi Insan Kamil," jelas KaRutan Bangil, Wahyu Indarto saat menyampaikan sambutannya.
Sementara itu, pemateri trainer ESQ wilayah Jatim, Haris Muchtar menerangkan bahwa kegiatan ESQ meliputi 3 komponen yaitu IQ (Aktifitas berhitung), EQ (Akfifitas Emosional) dan SQ (Aktifitas Spiritual).
Dan kepada para WBP, penekanannya adalah kepada Spritual, yaitu keyakinan akan adanya perjumpaan dengan Sang Pencipta atau Allah.
"Untuk itu, dalam menjalani kehidupan ini kita dituntut untuk dapat berbuat baik setiap waktu dan setiap saat agar kita kembali keharibaan-Nya dalam keadaan Khusnul Khotimah," papar Haris.
Ia juga berharap kepada warga binaan, setelah keluar dari Rutan dapat berbuat yang terbaik atau bermanfaat bagi orang banyak dilingkungannya masing-masing.
Sedangkan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Bangil, Ibu Anjar Seto dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ESQ ini adalah kegiatan positif dimana kegiatan ini adalah merupakan penggabungan antara kecerdasan emosional dan spritual.
Dimana, tujuannya adalah agar kita dapat mencapai keseimbangan antara hubungan sesama manusia dan hubungan secara vertikal yaitu dengan Sang pencipta yaitu Allah SWT.
Sehingga akan tercapai kedamaian dan ketenangan dalam diri masing-masing peserta. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada warga binaan pemasyarakatan dan petugas Rutan yang hadir, untuk mengikuti ESQ  secara khidmat dan serius.
Karena menurutnya, ESQ bisa memberikan dampak dalam diri warga binaan, dan sebagai bahan muhasabah (introspeksi) untuk evaluasi diri bagi warga binaan selama hidup di dunia. (http://www.timesindonesia.co.id)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil | Powered by Namecheap Design by Aditya Pradana | Website Theme by Blogger