Selamat datang di website resmi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil

Wednesday, March 21, 2018

Pemasyarakatan Peduli TBC, Indonesia Sehat


RSUD Bangil, Puskesmas Bangil dan Rutan Kelas IIB Bangil bekerjasama melaksanakan kegiatan skrining TB (Tuberkulosis) pada setiap pengunjung dan beberapa Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Bangil. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21 Maret s/d 23 Maret 2018, Dalam rangka memperingati hari TB sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret. Pada tahun ini tema yang diambil adalah “Peduli TBC, Indoneisa Sehat”. 
TB adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis). Sebagian besar kuman TBC menyerang paru, tetapi dapat juga menyerang organ lain. Mycobacterium tuberkulosis ini telah menginfeksi sepertiga penduduk dunia, dan menyerang 75 % pada kelompok usia produktif (15-50 thn). Di Indonesia sendiri merupakan penyebab kematian nomor 3 (tiga) setelah penyakit penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan pada semua kelompok umur dan nomor 1 (satu) untuk golongan penyakit infeksi.
Skrining yang dilakukan pada hari ini dilakukan untuk melihat apakah pengunjung dan warga binaan memiliki gejala TB seperti batuk berdahak lebih dari dua minggu, keringat dingin di malam hari, dan penurunan berat badan secara drastis. Selain skrining, tahanan yang mengalami gejala TB akan diberikan masker dan penyampaian informasi mengenai penyakit TB. Dari hasil skrining hari pertama terdapat 120 orang pengunjung yang di skrining terdapat 3 orang pengunjung yang diduga suspek TB. Sedangkan dari 10 orang warga binaan yang diambil sampel dahaknya terdapat 3 orang yang diduga suspek TB. Untuk mengetahui hasil lebih lanjut dari pemeriksaan dahak yang dilakukan di laboratorium diperlukan waktu kurang lebih 3 hari. Bagi warga binaan yang suspek TB akan diberikan masker dan perlakuan khusus yaitu dipisahkan dengan warga binaan lain agar tidak menular. Selanjutnya warga binaan yang hasil pemeriksaan dahaknya positif TB akan diberikan pengobatan dari RSUD Bangil atau Puskesmas Bangil.












Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil | Powered by Namecheap Design by Aditya Pradana | Website Theme by Blogger