Selamat datang di website resmi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil

Profil Singkat Rutan Bangil

Rumah Tahanan Negara Bangil di bangun sejak jaman kolonial Belanda pada bulan Agustus 1878, tetapi ditetapkan oleh negara secara resmi pada Tahun 1983 melalui Keputusan Menteri Kehakiman R.I. Nomor: M.04.UM.01.06 Tahun 1983  sebagai Cabang Rumah Tahanan Negara Pasuruan di Bangil.
Kemudian pada Tahun 2003 terjadi peningkatan status dari Cabang Rumah Tahanan Negara Pasuruan menjadi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM RI Nomor: M.06.PR.07.03 Tahun 2003 Tanggal 16 April 2003 tentang Peningkatan Status Cabang Rumah Tahanan Negara menjadi Rumah Tahanan Negara Klas IIB Bangil dan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM RI Nomor: A.404.KP.04.04 Tahun 2004 tanggal 25 Februari 2004 tentang Pengangkatan dan alih tugas pejabat eselon III dan IV dilingkungan Departemen Kehakiman dan HAM RI.
Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga hukum, Rumah Tahanan Negara Bangil mengedapankan Visi untuk Mewujudkan Pelayanan Prima dan mendukung masyarakat memperoleh kepastian Hukum, sehingga diharapkan terwujudnya Misi Rumah Tahanan Negara Bangil menjadi Rumah Tahanan terpercaya dalam memberikan pelayanan,pembinaan,perawatan, serta pengamanan terhadap warga binaan pemasayrakatan.
Rumah Tahanan Negara Klas IIB Bangil dibangun diatas tanah seluas lebih kurang 4.424 M2, sedangkan luas fisik bangunannya 2.287 M2, terletak di Jalan Mangga No.2 Kelurahan Kiduldalem Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan yang mempunyai fungsi sebagai tempat penahanan tersangka selama proses pemeriksaan,penyelidikan,dan penuntutan di pengadilan dan memidana naraidana yang memiliki masa hukuman pendek.
Isi atau kapasitas maksimal Rumah Tahanan Negara klas IIB Bangil adalah 200 orang, sedangkan  isi penghuni selalu melebihi kapasitas yang ada karena banyaknya tahanan dan narapidana yang mencakup 24 wilayah Polsek di setiap kecamatan wilayah hukum kabupaten Pasuruan. (jumlah penghuni : klik)
Batas Rumah Tahanan Negara Bangil dengan Lingkungan sekitar :
a.      Sebelah utara : Kantor Dinas Perairan Kab.Pasuruan
b.      Sebelah Barat : Jalan Mangga
c.      Sebelah selatan : Tanah Negara /perumahan penduduk
d.      Sebelah Timur : tanah perkebuman milik Rutan dan perumahan penduduk

Bangunan Blok Hunian Tahanan dan Narapidana terdiri dari :
1.      Blok A (Blok Tahanan) terdiri dari 9 Kamar
2.      Blok B (Blok Narapidana) terdiri dari 11 Kamar
3.      Blok C (Blok Narapidana dan Tamping) terdiri dari 5 Kamar
4.      Sel Isolasi/Hukuman terdiri dari 2 kamar
5.      Blok Mapenaling (Masa Awal Pengenalan Lingkungan) terdiri dari 2 Kamar
6.      Blok anak ada 1 Kamar
7.   Blok Wanita terdiri dari 2 kamar


0 comments:

Post a Comment

Copyright © Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangil | Powered by Namecheap Design by Aditya Pradana | Website Theme by Blogger